Personal Blog - Menulis Apa Saja yang Ingin Ditulis

Fakta dan Mitos Tentang Rambut

Kalo ngomongin soal rambut, pasti banyak hal yang berkaitan dan berhubungan. Mulai dari perawatan rambut, hal yang dilarang atau diperbolehkan, dan bahkan sering kita dengar mitos dan fakta tentang rambut. Pastinya banyak yang masih mempertanyakan..

Beberapa mitos atau fakta seputar rambut mungkin cukup membingungkan, karna kadang belum terbukti kebenarannya. Simak Hal-hal Seputar Rambut yang Selalu jadi Perdebatan tentang Kebenarannya berikut:

Fakta dan Mitos Tentang Rambut

# Fakta dan Mitos Tentang Rambut #

* Rambut Sering Dikepang/ Diekor Kuda Membuat Rambut Rontok (Fakta)

American Academy of Dermatology (AAD) mengeluarkan jurnal yang menyatakan, "Hindari rambut terlalu sering dikepang, digelung, diekor kuda dan dipasang hair extension. Karna gaya rambut ini akan menarik rambut dan menimbulkan ketegangan di rambut yang menyebabkan rambut patah/rontok".
Jadi, secantik apapun rabut dikepang dan diekor kuda, walaupun populer, terlihat gaul dan nge-trend, tapi jangan terlalu sering, karna rambut bisa rontok.

* Stres Bisa Menimbulkan Uban (Fakta)

Hal ini mungkin sering jadi kontroversi dan suatu keyakinan yang gak berdasar, tapi mulai ada titik terangnya.
Dalam sebuah riset di New York University School of Medicine dan Baylor College of Medicine, mereka menerbitkan sebuah studi di bulan Juni yang menampilkan bukti bahwa hormon stres dapat mempengaruhi rambut beruban, melalui mekanisme stem cell yang rumit.
Tapi studi ini dilakukan pada tikus putih, dan masih ada faktor lain yang mungkin mempengaruhi hasilnya, seperti genetika dan penyakit.

* Berkeramas Setiap Hari (Mitos)

Mencuci rambut setiap hari akan mengikis minyak alami dan protein di dalamnya, sehingga rambut menjadi kering. Semakin banyak produk rambut yang digunakan, menyebabkan siklus residu dari pemakaian produk yang berlebihan. Yang terbaik dilakukan adalah mencuci rambut dua kali (hari) seminggu, atau setiap kali rambut terasa kotor saja.

* Membilas Rambut dengan Air Dingin Bisa Menutup Kutikula Rambut dan Membuat Rambut Lebih Bersinar (Mitos)

Pernah pergi ke salon lalu rambut dibilas dengan air dingin? Mungkin terasa sangat segar, tapi sebenarnya gak memberi manfaat lebih buat rambut.
Besarnya kutikula yang terbuka atau tertutup gak terpengaruh oleh temperatur. Air hanya bisa membuat folikel untuk naik ke atas (ini bisa menyebabkan rambut terlihat kusam) dan produk pelurus rambut atau pengikal juga bersifat mengangkat folikel rambut ke atas yang mengakibatkan rambut terlihat kusam juga.
Kondisioner bisa dipakai untuk menghaluskan rambut, bukan air.

* Membilas Rambut dengan Bir Bisa Membuat Rambut Lebih Kuat (Mitos)

Keyakinan ini didasarkan dari ragi dan protein di dalam malt yang dipercaya bisa menguatkan batang rambut kalo dijadikan air bilasan setelah keramas.
Tapi pada dasarnya alkohol akan membuat rambut menjadi kering lebih cepat dibanding kecepatan ragi dan protein untuk memperbaikinya. Oleh sebab itu berhati-hatilah. Lagian siapa juga sih yang mau rambutnya wangi bir?

* Dilarang Mengecat Rambut saat Hamil (Mitos)

Mungkin kata-kata ini sering kita dengar, tapi tetap bisa mendapatkan rambut gaya ombre saat hamil.
Dokter spesialis maternal-fetal 'Cynthia Gyamfi-Bannerman', MD dari New York Presbyterian Hospital mengatakan bahwa mengecat rambut cukup aman saat hamil.
Meski ada surat protes tentang hal ini, sebab cat rambut jenis lama mengandung formaldehyde. Meski cat rambut jenis ini sudah jarang beredar, tapi kita perlu berhati-hati dan harus dihindari. Jika ingin melakukan pewarnaan rambut sendiri, pastikan mengenakan sarung tangan.

* Kalo Mencabut Satu Helai Uban, 2 Helai Rambut akan Tumbuh (Mitos)

Setiap folikel rambut bisa mereproduksi (satu helai rambut) apabila tercabut, tanpa mempedulikan warnanya.
Pada dasanya, mencabut rambut adalah ide yang buruk, apalagi secara berlebihan. Karena kalo terlalu berlebihan mencabut rambut (uban atau bukan) akan menyebabkan kebotakan atau pitak.

* Menyisir Rambut 200 Kali Tarikan Setiap Hari (Mitos)

Untuk hal yang satu ini, AAD juga mengeluarkan jurnal yang mengatakan, "Hindari terlalu sering menyisir rambut. Menyisir rambut hingga 100 tarikan dapat menyebabkan rambut bercabang".
Jadi kesimpulannya kalo menyisir rambut 200 kali tarikan setiap hari itu cuma mitos dan jangan sering dilakukan.

* Makan Oyster Bisa Menyuburkan Rambut (Fakta)

Selain dikenal sebagai makanan aphrodisiac, oyster juga diyakini bisa menyuburkan rambut.
Seorang nutrisionis 'Keri Gans' memberikan masukan, bahwa oyster kaya akan zat besi dan protein. Dua nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Tapi bukan oyster saja, lentil dan walnut (kaya akan biotn) dan salmon (kaya akan omega 3 dan asam lemak) juga baik untuk kesuburan rambut. Tapi harus didukung dengan diet yang tepat.

Nah, itulah beberapa Fakta dan Mitos Tentang Rambut yang mungkin sering kita dengar. Penjelasan tentang perawatan rambut yang benar atau salah, fakta atau mitos dari para ahli. Semoga bermanfaat. Disalin Raisa Juniar dari berbagai sumber yahoo.com dan google.co.id.

Fakta dan Mitos Tentang Rambut

Diposting oleh Fiaaa Raisa Juniar Publish pada 08 November 2013 at 17.37..

Komentar Kamu Disini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar