Personal Blog - Menulis Apa Saja yang Ingin Ditulis

9 Jenis Sakit Kepala Biasa dan Berbahaya

Hampir semua orang pernah merasakan dan mengalami yang namanya sakit kepala, entah itu sakit kepala biasa ataupun sakit kepala yang gak biasa dialami. Mungkin kebanyakan hanya sakit kepala biasa, tapi mesti hati-hati dengan sakit kepala yang gak biasa..!!

Menurut seorang dokter di University of North Carolina School of Medicine, yang bernama "T.E. Holt, M.D.", menulis tentang penyakit paling umum di dunia yaitu sakit kepala. Ada tiga jenis sakit kepala biasa dan ada enam jenis sakit kepala yang perlu diwaspadai.

9 Jenis Sakit Kepala Biasa dan yang Berbahaya

Berikut tiga jenis sakit kepala yang paling sering ditemui tapi gak berbahaya:

1.) Sakit Kepala Tegang
Ini merupakan sakit kepala yg paling umum terjadi, dengan rasa nyeri menyerang bagian atas kepala.
Sakit kepala jenis ini sering kali diakibatkan oleh stres dan kurang tidur, umumnya gak menghambat aktivitas, biasanya hilang dalam waktu semalam dan bisa dengan mudah diobati menggunakan ibuprofen, asetaminofen atau aspirin.

2.) Sakit Kepala Sebelah (Migrain)
Migrain cenderung menyerang salah satu sisi kepala, dan bisa berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari.
Sakit kepala jenis ini biasanya ditandai dengan sensitivitas terhadap suara dan cahaya. Saat migrain menyerang, Kamu bisa mengatasinya dengan obat jenis ibuprofen atau aspirin, dan asetaminofen.

3.) Sakit Kepala Kluster
Sakit kepala yg satu ini merupakan sakit kepala hebat yg menyerang di balik salah satu mata, dan mencapai puncaknya setelah satu jam, setelah itu menghilang, tapi sehari atau beberapa hari kemudian kembali menyerang.
Hal ini berlangsung selama beberapa pekan, dan kemudian terhenti selama beberapa bulan. Banyak obat sakit kepala kluster, termasuk beberapa obat migrain.

***

Dan Berikut ini adalah enam jenis sakit kepala biasa yang ternyata serius dan berpotensi mematikan:

1.) Sakit Kepala Seperti Sambaran Petir
Kalo sakit kepala menyerang dan rasanya seperti ditusuk-tusuk, kemudian berubah menjadi sakit kepala terburuk yg pernah Kamu alami, segera ke rumah sakit.
Efek dari sakit kepala jenis itu emang gak lama, tapi hampir semuanya bisa berakibat fatal dengan sangat cepat, di antaranya aneurisma, stroke dan meningitis.

2.) Sakit Kepala Karena Berolahraga
Kalo sakit kepala muncul dengan cepat dan rasanya luar biasa sakit setelah mengerahkan tenaga fisik, segeralah pergi ke dokter. Mungkin efeknya gak berbahanya. Tapi itu bisa memicu terjadinya pendarahan subarachnoid.

3.) Sakit Kepala yang Merambat ke Leher
Sakit kepala ringan hanya terasa di kepala Kamu. Sakit kepala yg merambat ke mana-mana bisa berarti meningitis dan pendarahan.
Jadi segera telepon layanan darurat, khususnya kalo sakit kepala Kamu disertai demam, infeksi, ruam gatal, dan membuat Kamu kesulitan berpikir.

4.) Sakit Kepala yang Gak Habis-Habis
Sakit kepala yg datang dan pergi selama berhari-hari, dengan demam ringan, gangguan penglihatan dan nyeri pada salah satu pelipis Kamu, seringkali merupakan gejala dari peradangan pembuluh darah, dan bisa mengakibatkan kebutaan kalo gak segera diobati. Segera temui dokter Kamu.

5.) Sakit Kepala yang Menular
Seluruh anggota keluarga Kamu berada di rumah pada suatu sore. Semakin lama, Kamu tiba-tiba mengalami sakit kepala yg semakin memburuk. Kalo lambat laun anggota keluarga Kamu juga mengalami sakit kepala serupa, segera pindahkan semua orang ke luar ruangan.
Kemungkinan ada kerusakan dalam perangkat rumah yg mengeluarkan karbon monoksida. Kalo Kamu udah berada di luar rumah, hubungi pemadam kebakaran untuk mencari sumber masalah. Sakit kepala Kamu pasti akan hilang dalam waktu beberapa jam.

6.) Sakit Kepala Saat Bangun Tidur
Kamu harus memperhatikan kalo sakit kepala Kamu semakin memburuk selama beberapa pekan ke depan, atau kalo sakit kepala semacam itu terjadi setiap Kamu bangun pagi. Itu merupakan pola klasik untuk sakit kepala yg perlahan-lahan semakin memburuk.
Kalo ini terjadi, emang gak perlu buru-buru pergi ke Unit Gawat Darurat, tapi Kamu se-enggaknya harus segera periksa ke dokter dan minta jadwal untuk MRI (Magnetic Resonance Imaging).

***

Itulah beberapa jenis sakit kepala, mulai dari tiga jenis sakit kepala yang biasa terjadi tapi gak berbahaya, dan Enam Jenis Sakit Kepala yang Gak Boleh Diabaikan, karna bisa berakibat fatal kalo dibiarin. Semoga bermanfaat. Disalin Tips Kesehatan Raisa Juniar dari sumber yahoo.com dan google.co.id.

9 Jenis Sakit Kepala Biasa dan Berbahaya

Diposting oleh Fiaaa Raisa Juniar Publish pada 13 Januari 2014 at 16.03..

Komentar Kamu Disini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar