Personal Blog - Menulis Apa Saja yang Ingin Ditulis

Tips Agar Rambut Tetap Berkilau saat Musim Hujan

Bagaimana Cara Agar Rambut Tetap Berkilau Di Musim Hujan? Mungkin pertanyaan itu yg sering dikeluhkan sobat yg khususnya mempunyai rambut panjang pada musim Hujan. Karna yg kita tau, musim hujan bisa membuat rambut kusam, lepek dan pastinya mengurangi keindahan rambut. Lalu, gimana caranya menyiasati rambut panjang saat musim hujan?

Rambut sebagai mahkota memang harus selalu mendapat perawatan agar rambut sehat berkilau, entah dalam keadaan biasa apalagi saat musim hujan. Jangan sampe rambut panjang indah kamu menjadi memudar dan kusam.

Tips Agar Rambut Tetap Berkilau saat Musim Hujan

Nah, buat kamu yg punya rambut panjang (rambut pendek juga), coba simak beberapa tips agar rambut tetap berkilau dan terjaga keindahannya berikut..

1# Jangan Mengikat Rambut
Rambut basah sangatlah rapuh dan rentan patah. Kalo kamu mengikatnya jadi ekor kuda, ini jelas akan menyebabkan ketombe. Karna mengikat rambut yg basah, apalagi basah terkena air hujan, akan membuat kotoran menumpuk di kulit kepala sehingga muncul ketombe. Selain itu juga kadang rambut bercabang bisa muncul.
Jadi kesimpulannya, kalo rambut kamu basah karena air hujan, tunda menguncir rambut sampai rambut benar-benar kering. Dan juga, di saat basah, jangan pernah menyisir rambut, karena rambut basah dan lembap rentan terhadap kerontokan. Baca Cara Menata Rambut Basah Biar Cantik.

2# Hindari Produk Styling Rambut
Mousse, hairspray dan gel rambut adalah musuh terbesar rambut di musim hujan. Produk ini membuat kulit kepala lengket dan menyebabkan ketombe baca cara alami mengatasi ketombe.
Kalo kamu harus menggunakannya untuk acara tertentu, selalu ingat untuk segera mencuci rambut dengan shampo yg mengandung provitamin B5 begitu sampai di rumah.

3# Gunakan Shampo dan Kondisioner
Di musim hujan, kadang matahari bersinar terik sebelum hujan deras turun. Ini menyebabkan kelembapan yg berlebihan. Kulit kepala yg berkeringat menyebabkan debu dan polutan menempel, akibatnya ketombe muncul. Inilah alasannya mengapa kulit kepala perlu dirawat secara menyeluruh.
Mencuci rambut setiap hari sepertinya harus dilakukan, terutama kalo rambut terkena air hujan. Air hujan bisa menyebabkan rambut kering dan kusam, karena mengandung polutan. Itulah sebabnya kondisioner usai shampoo diperlukan untuk mengembalikan kelembapan rambut sehingga rambut terasa lembut dan halus lagi. Jangan lupa, kondisioner hanya diaplikasikan ke batang rambut, bukan ke kulit kepala.

4# Hindari Hair Dryer
Memang penting untuk menjaga rambut agar tetap kering saat musim hujan, tapi hindari penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Cara ini akan membuat rambut rapuh.
Kalo kamu sangat membutuhkan hair dryer, oleskan serum rambut usai rambut dikeringkan untuk menjaga kekuatan rambut.

5# Keringkan Rambut dengan Handuk
Saat musim hujan, bawalah handuk kering ukuran kecil saat bepergian. Air hujan yg mengandung polutan dan bahan yg bisa mengiritasi kulit kepala.
Segera keringkan rambut dengan handuk ketika terkena air tetesan air hujan. Jadi, jangan lupa untuk menyimpan handuk kecil di tas, di mobil, dan di laci meja kerja.

6# Hindari Perawatan Rambut secara Kimiawi
Musim hujan bukan waktu yg tepat untuk meluruskan, mengeriting, atau mewarnai rambut kamu. Saat musim hujan, tingkat kelembapan udara yg tinggi membuat rambut lepek dan dipastikan tatanan rambut akan mudah lepas dan jadi acak. Sebaiknya rambut ditata ringkas seperti ekor kuda.

7# Konsumsi Makanan Sehat
Rambut kamu membutuhkan banyak nutrisi saat musim hujan. Jangan lupa, untuk membuat asupan gizi kamu kaya akan protein dan vitamin E. Sumber gizi bagi rambut bisa didapat dari:
- Walnut
- Telur
- Ikan
- Bayam
- Lentil
Minumlah banyak air dan jus segar yg diperas atau diblender, bukan jus buatan pabrik untuk melengkapi asupan gizi bagi rambut.

8# Lakukan Perawatan Rambut Lebih Ekstra
Saat musim hujan rambut rentan untuk menjadi kusut. Coba perawatan hot oil atau masker rambut untuk mengatasinya. Berikan pijatan lembut pada kepala kamu. Dan lakukan hal ini dua kali seminggu. Jangan lupa fokuskan pada bagian kulit kepala, karena bagian ini membutuhkan nutrisi untuk menguatkan akar rambut. Pilih produk yg mengandung Panthenol, yg berkhasiat meningkatkan kesehatan rambut, membuatnya lebih kuat dan elastis.

9# Melindungi Rambut Sebelum Hujan
Cara terbaik untuk menjaga kesehatan rambut saat musim hujan adalah melindunginya dari terkena air hujan. Selalu bawa payung ke mana pun kamu pergi. Selain itu, sebelum meninggalkan rumah, ikat rambut hingga rapi untuk mencegah banyak polutan meresap ke batang rambut.
Kamu juga bisa mengenakan skarf atau bandana Kalo telanjur terkena hujan. Bandana kamu mungkin takkan mencegah air hujan menempel di rambut, tapi setidaknya bisa mengurangi kerusakan pada rambut.

Nah, cukup simple kan cara mengatasi masalah rambut saat musim hujan diatas. Sekarang kamu bisa menjaga keindahan rambut kamu dengan mengikuti beberapa tips agar rambut tetap berkilau di musim hujan diatas. Semoga bermanfaat. Disalin Raisa Juniar dari sumber yahoo.com.

Tips Agar Rambut Tetap Berkilau saat Musim Hujan

Diposting oleh Fiaaa Raisa Juniar Publish pada 15 Agustus 2013 at 20.45..

Komentar Kamu Disini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar